Tugas Dasar Pemasaran ( Penjualan VS Pemasaran)

02 October 2010

PENDAHULUAN

Makalah ini bertujuan untuk memenuhi tugas mata kuliah dasar pemasaran yang membahas tentang penjualan dan pemasaran. Pemasaran dan penjualan sering diidentikkan dengan kegiatan ekonomi. Pemasaran merupakan penghubung antara proses atau kegiatan produksi dan konsumsi. Faktor-faktor yang mempengaruhi kegiatan penjualan antara lain kondisi dan kemampuan penjual, kondisi pasar, modal, dan kondisi organisasi perusahaan. Jual adalah keberatan tentang mengatasi. Ini adalah teknik 12:59 dimana penjual membantu pembeli untuk mencapai keputusan. Sebagai bagian dari proses pemasaran, kita harus menemukan keberatan potensi yang mungkin mencegah seseorang membeli apa yang anda miliki untuk dijual. Menurut saya, penjualan dan pemasaran adalah hal yang berbeda. Dilihat dari tujuan, pengertian ataupun dari segi yang lain. Tetapi pemasaran dan penjualan saling berkaitan. Pada makalah ini saya akan menjelaskan tentang penjualan dan pemasaran.


PENGERTIAN PENJUALAN

penjualan adalah suatu usaha yang terpadu untiuk mengembangkan rencana rencana strategis yang diarahkan pada usaha pemuasan kebutuhan dan keinginan pembeli, guna mendapatkan penjualan yang menghasilkan laba (Marwan, 1991).penjualan merupakan sumber hidup dari suatu perusahaan, karena dari penjualan dapat diperoleh laba serta suatu usaha memikat konsumen yang diusahakan untuk mengetahui daya tarik mereka sehingga dapat mengetahui hasil produk yang dihasilkan. Menurut Winardi (1982), penjualan adalah suatu transfer hak atas benda benda. Dari penjelasan tersebut dalam memindahkan atau mentransfer barang dan jasa diperlukan orang orang yang bekerja diboidang penjualan seperti pelaksanaan dagang, agen, wakil pelayanan dan wakil pamasaran.


PENGERTIAN PEMASARAN


Pemasaran adalah salah satu kegiatan dalam perekonomian yang membantu dalam menciptakan nilai ekonomi. Nilai ekonomi itu sendiri menentukan harga barang dan jasa. Faktor penting dalam menciptakan nilai tersebut adalah produksi, pemasaran dan konsumsi. Pemasaran menjadi penghubung antara kegiatan produksi dan konsumsi. Banyak ahli yang telah memberikan definisi atas pemasaran ini. Definisi yang diberikan sering berbeda antara ahli yang satu dengan ahli yang lain. Perbedaan ini disebabkan karena adanya perbedaan para ahli tersebut dalam memandang dan meninjau pemasaran. Dalam kegiatan pemasaran ini, aktivitas pertukaran merupakan hal sentral. Pertukaran merupakan kegiatan pemasaran dimana seseorang berusaha menawarkan sejumlah barang atau jasa dengan sejumlah nilai keberbagai macam kelompok social untuk memenuhi kebutuhannya. Pemasaran sebagai kegiatan manusia diarahkan untuk memuaskan keinginan dan kebutuhan melalui proses pertukaran. Definisi yangpaling sesuai dengan tujuan tersebut adalah : pemasaran adalah suatu proses social dan manajerial yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan prosuk yang bernilai kepada pihak lain (Kotler, 1997). Definisi pemasaran ini bersandar pada konsep inti yang meliputi kebutuhan (needs), keinginan (wants), dan permintaan (demands). Manusia harus menemukan kebutuhannya terlebih dahulu, sebelum ia memenuhinya. Usaha untuk memenuhi kebutuhan tersebut dapat dilakukan dengan cara mengadakan suatu hubungan. Dengan demikian pemasaran bia juga diartikan suatu usaha untuk memuaskan kebutuhan pembeli dan penjual (Swasta, 1996).



KESIMPULAN

Penjualan dan pemasaran adalah hal yang sangat berbeda. Penjualan lebih memfokuskan kepada kebutuhan penjual. Atau dengan kata lain lebih mementingkan uang daripada kepuasan konsumen. Penjualan sibuk dengan urusan untuk mengubah barang atupun jasa yang mereka jual menjadi cash atau uang kontan. Sedangkan pemasaran memfokuskan pada kebutuhan pembeli. Karena itu pemasaran sibuk dengan pemikiran untuk memuaskan kebutuhan pelanggan melalui produk atau jasa dan keseluruhan barang yang berhubungan dengan penciptaan, pengantaran, dan pengkonsumsiannya Pemasaran atau marketing menawarkan produk dengan harapan kostumer kembali untuk memesan atu membeli produk tersebut. Biasanya dengan pelayanan lebih, mencatat data costumer, dll. Penjualan atau sales menjual produk hanya sampai titik barang tersenut dijual. Dalam kegiatan pemasaran yang sangat kompleks dan saling berkaitan yang satu dengan yang lainnya, seperti promosi dan penjualan, hendaknya dikelola dengan baik untuk mencapai tujuan perusahaan, yaitu laba.



DAFTAR PUSTAKA

www.google.com
http://ridwaniskandar.files.wordpress.com/2009/05/91-pengertian-penjualan.pdf

0 comments:

Post a Comment