Sejarah kantong kecil di celana jeans

30 May 2011

Jeans adalah celana yang pertama kali dibuat di Genoa, Italia pada sekitar tahun 1560-an. Celana jenis ini biasa dipakai oleh para angkatan laut Perancis dan mereka menyebutnya dengan “bleu de Génes” yang berarti biru Genoa. Sebagai fashion jeans ini dipopulerkan oleh Levi Strauss, dia adalah seorang pedagang pakaian yang mengadu nasib dan berjualan di kota San Francisco.

Ketika dia berjualan di California, semua dagangannya habis dan hanya menyisakan sebuah tenda yang terbuat dari kain kanvas. Dan dengan sedikit akalnya dia memotong kain ini dan menjadikannya beberapa celana yang kemudian diual kepada para penambang emas. Levi Strauss menjualnya kepada penambang emas karena pada saat itu AS sedang dilanda demam emas. Dan ternyata para penambang tersebut menyukai celana buatan Levi Strauss karena menurut mereka celana itu tahan lama dan tidak mudah rusak atau koyak. Setelah mendengar itu semua keudian Levi Strauss pun memesan bahan dari Genoa dan memproduksinya di AS, lalu memberikan sebutan baru yaitu ‘Blus Jeans’. Para penambang yang menyukai celana jeans buatan Levi Strauss ini akhirnya menjadikan jeans sebagai celana resmi mereka. Dan para penambang juga memberikan nama dengan sebutan ‘those pants of Levi’s.

Dengan naluri bisnis Levi Strauss yang sangat tajam, dia mengajak pengusaha sukses Jakob David untuk bekerja sama dengannya. Dengan kerja sama yang mereka lakukan dan seiring perkembangannya akhirnya pada tahun 1880 mereka membuas pabrik celana jeans yang pertama di dunia. Diantara produk produk yang mereka buat yang paling terkenal adalah produk pertama mereka yang diberi nama “Levi’s 501”.

Produk desain pertama itu memang diperuntukkan bagi para penambang. Celana tersebut memiliki 5 saku, 2 saku dibelakang, 2 saku di depan, dan 1 saku kecil yang berada di dalam saku depan sebelah kanan. Mungkin orang orang berpikir saku ini hanya untuk bergaya saja, tetapi saku ini sangatlah berguna bagi para penambang saat itu. Meskipun saku ini berukuran kecil tetapi saku ini dapat menyimpan butiran butiran kecil emas. Para penambang pun sangat diuntungkan dengan adanya kantong kecil ini. Sampai saat ini kantong kecil yang berada di kantong sebelah kanan celana jeans masih tetap ada walaupun fungsi dari kantong kecil ini sudah berbeda.

1 comments:

dedi sumandi said...

,.,KISAH NYATA ,
Aslamu alaikum wr wb..Allahu Akbar, Allahu akbar, Allahu akbar
Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang, hingga suatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yang saya punya, akhirnya saya menaggung utang ke pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 800 juta , saya stress dan hampir bunuh diri, saya punya anak 2 masih sekolah di smp dan sma, istri saya pergi entah kemana meninggalkan saya dan anak anak, ditengah tagihan utang yg menumpuk, demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue, ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya. Tapi setelah di bantu HABIB IDRUS hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir dan melihat langsung hasilnya, saya akhirnya bergabung dan menghubungi HABIB IDRUS. Untuk Konfirmasi Lebih Jelasnya: >>>>>>>>KLIK SOLUSI TEPAT DISINI<<<<<<<<< .Semua petunjuk Beliau saya ikuti dan hanya Dalam waktu 2 hari, Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Demi AllAH dan anak saya, akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kini saya kembali sukses terimaksih HABIB IDRUS saya tidak akan melupakan jasa HABIB IDRUS. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH.(BUKAN PESUGIHAN ATAUPUN PENGGANDAAN UANG).

Post a Comment