Sejarah kantong kecil di celana jeans

30 May 2011

Jeans adalah celana yang pertama kali dibuat di Genoa, Italia pada sekitar tahun 1560-an. Celana jenis ini biasa dipakai oleh para angkatan laut Perancis dan mereka menyebutnya dengan “bleu de Génes” yang berarti biru Genoa. Sebagai fashion jeans ini dipopulerkan oleh Levi Strauss, dia adalah seorang pedagang pakaian yang mengadu nasib dan berjualan di kota San Francisco.

Ketika dia berjualan di California, semua dagangannya habis dan hanya menyisakan sebuah tenda yang terbuat dari kain kanvas. Dan dengan sedikit akalnya dia memotong kain ini dan menjadikannya beberapa celana yang kemudian diual kepada para penambang emas. Levi Strauss menjualnya kepada penambang emas karena pada saat itu AS sedang dilanda demam emas. Dan ternyata para penambang tersebut menyukai celana buatan Levi Strauss karena menurut mereka celana itu tahan lama dan tidak mudah rusak atau koyak. Setelah mendengar itu semua keudian Levi Strauss pun memesan bahan dari Genoa dan memproduksinya di AS, lalu memberikan sebutan baru yaitu ‘Blus Jeans’. Para penambang yang menyukai celana jeans buatan Levi Strauss ini akhirnya menjadikan jeans sebagai celana resmi mereka. Dan para penambang juga memberikan nama dengan sebutan ‘those pants of Levi’s.

Dengan naluri bisnis Levi Strauss yang sangat tajam, dia mengajak pengusaha sukses Jakob David untuk bekerja sama dengannya. Dengan kerja sama yang mereka lakukan dan seiring perkembangannya akhirnya pada tahun 1880 mereka membuas pabrik celana jeans yang pertama di dunia. Diantara produk produk yang mereka buat yang paling terkenal adalah produk pertama mereka yang diberi nama “Levi’s 501”.

Produk desain pertama itu memang diperuntukkan bagi para penambang. Celana tersebut memiliki 5 saku, 2 saku dibelakang, 2 saku di depan, dan 1 saku kecil yang berada di dalam saku depan sebelah kanan. Mungkin orang orang berpikir saku ini hanya untuk bergaya saja, tetapi saku ini sangatlah berguna bagi para penambang saat itu. Meskipun saku ini berukuran kecil tetapi saku ini dapat menyimpan butiran butiran kecil emas. Para penambang pun sangat diuntungkan dengan adanya kantong kecil ini. Sampai saat ini kantong kecil yang berada di kantong sebelah kanan celana jeans masih tetap ada walaupun fungsi dari kantong kecil ini sudah berbeda.

0 comments:

Post a Comment